BP-PAUD dan Dikmas NTB – Pamong Belajar BPPAUD dan Dikmas NTB tahun ini mengembangkan model “Pendidikan Keaksaraan Dasar Dengan Pendekatan Seni Teater Tradisional”. Model ini merupakan pengembangan program pendidikan keaksaraan dasar yang didalamnya memuat seni teater tradisional yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran baik dari segi konten tema pembelajaran maupun metode pembelajaran.

Tim pengembang beranggotakan M. Romadoni, S.Pd sebagai ketua tim serta Irham Yudha Permana, S.Pd dan Fauziyah Syahrawati, M.Ed sebagai anggota. Tim pengembang menyusun naskah model, kurikulum dan enam seri bahan ajar sebagai kelengkapan keseluruhan dari model yang dikembangkan. Bahan ajar yang disusun berjudul “Seri 1 – Mengenal Huruf dan Suku Kata”, “Seri 2 – Membaca Kalimat Sederhana”, “Seri 3 – Belajar Berhitung”, “Seri 4 – Mengenal Cerita dan Seni Teater”, “Seri 5 – Belajar Berhitung Fungsional”, dan “Seri 6 – Cupak Gerantang”.

Irham Yudha Permana, S.Pd. (Pamong Belajar) saat menyampaikan Materi Kurikulum dan Bahan Ajar.

Ujicoba konseptual merupakan tahapan pengembangan model setelah validasi draft model dilaksanakan. Langkah pelaksanaan ujicoba konseptual diawali dengan kegiatan orientasi teknis. Dalam kegiatan orientasi teknis disampaikan model dan perangkat pendukung model kepada penyelenggara program dan pendidik yang akan melaksanakan pembelajaran. Penyampaian materi berkaitan dengan naskah model, kurikulum dan bahan ajar yang akan diterapkan, sekaligus memberikan pemahaman, langkah-langkah dan strategi dalam implementasi di lapangan terkait ujicoba model.

Tahap awal ujicoba konseptual model dilaksanakan dengan memberikan orientasi teknis kepada lembaga tempat ujicoba model. Lokasi ujicoba model bertempat di PKBM Bimas Kabupaten Lombok Tengah. Orientasi teknis dilaksanakan oleh tim pengembang pada tanggal 12-13 September 2020. Sasaran orientasi teknis adalah tutor dan pengelola PKBM Bimas. Materi orientasi teknis antara lain Permendikbud Nomor 86 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keaksaraan Dasar, Model Pendidikan Keaksaraan Dasar Dengan Pendekatan Seni Teater Tradisional, Kurikulum dan Bahan Ajar, serta Metode dan Strategi Pembelajaran.