BP-PAUD Dikmas NTBBalai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat memiliki memiliki tugas untuk melaksanakan pengembangan program dan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Dalam menjalankan tugas tersebut, BPPAUD dan Dikmas NTB memiliki fungsi menyelenggarakan pengembangan program PAUD dan Dikmas. Pelaksanaan pengembangan program PAUD dan Dikmas diselenggarakan melalui pengembangan model untuk memecahkan masalah di bidang PAUD dan Dikmas.

Berpose bersama setelah pelaksanaan ortek pendidikan kesetaraan bagi anak yang berhadapan dengan hukum

BPPAUD dan Dikmas NTB tahun ini mengembangkan model “Pendidikan Kesetaraan Bagi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum”. Pengembangan model ini disusun dan dirancang secara sistematis dengan mengedepankan karakteristik peserta didik guna memberikan layanan pembelajaran yang optimal bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH). Proses pembelajaran ini diharapkan mampu memberikan dampak yang positif serta membangun nilai-nilai dan budaya belajar pada diri peserta didik.

Tim pengembang beranggotakan Mahayudin Syafari, M.Pd sebagai ketua tim serta Irham Yudha Permana, S.Pd sebagai anggota. Tim pengembang menyusun naskah model dan pedoman penyelenggaraan sebagai kelengkapan proses pengembangan model yang akan dilaksanakan oleh satuan pendidikan.

Tahap awal ujicoba konseptual model dilaksanakan dengan memberikan orientasi teknis kepada lembaga tempat ujicoba model. Lokasi ujicoba model bertempat di LPKA Mataram dan BRSAMPK Paramita. Orientasi teknis dilaksanakan oleh tim pengembang pada tanggal 2 Agustus 2019 di LPKA Mataram dan tanggal 6 Agustus 2019 di BRSAMPK Paramita. Sasaran orientasi teknis adalah tutor dan pengelola di LPKA Mataram dan BRSAMPK Paramita. Pada orientasi teknis tim pengembang menjelaskan tentang Model Pendidikan Kesetaraan Bagi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum serta bagaimana proses penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Bagi Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum.