BPPAUD dan Dikmas NTB – Balai memiliki tugas untuk melaksanakan pengembangan program dan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya, BPPAUD dan Dikmas NTB memiliki fungsi untuk melaksanakan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas merupakan upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan menurut Standar Nasional Pendidikan. Sasaran pemetaan mutu adalah seluruh satuan PAUD dan Dikmas yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang terdiri atas PAUD, LKP, dan PKBM. 

Orientasi teknis merupakan tahapan kedua dari pelaksanaan pemetaan mutu setelah tahap pembentukan tim inti berdasarkan SK Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB. Orientasi teknis bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas lapangan dan satuan pendidikan tentang pelaksanaan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas. Selain itu orientasi teknis juga memiliki tujuan untuk melatih petugas lapangan dan operator satuan pendidikan dalam mengisi instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi berbasis daring.

Orientasi teknis dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Mei 2019 di 10 Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sasaran kegiatan ini adalah verifikator lapangan dan kepala satuan pendidikan yang menjadi sasaran pemetaan mutu tahun 2019. Tim inti bertindak sebagai narasumber, sedangkan verifikator lapangan dan kepala satuan pendidikan sebagai peserta kegiatan Orientasi teknis berfokus tentang langkah-langkah teknis pelaksanaan pemetaan mutu, penjelasan sistem aplikasi pemetaan mutu berbasis daring, ujicoba sistem aplikasi pemetaan mutu berbasis daring baik sebagai verifikator ataupun sebagai lembaga, serta jadwal tahapan kegiatan pemetaan mutu.