BP-PAUD dan Dikmas NTB – Selama empat hari mulai tanggal 4 s.d. 7 April 2019 Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kebijakan dan Program BPPAUD dan Dikmas NTB diselenggarakan di dua tempat yang merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Balai yaitu di Gedung Inovatif dan Wisma Disiplin.

Suasana ruangan Rakor yang diadakan di Wisma Disiplin BP-PAUD dan Dikmas NTB.

Dengan jumlah peserta hampir menyentuh angka 100 orang, Rakor ini diawali dengan penyajian tarian penyambutan khas Pulau Lombok yang cukup terkenal yaitu Tarian Gandrung, dilakukan oleh tiga orang wanita yang memang bisa dianggap telah mahir untuk memeragakan tarian ini membuat penampilan ini sebagai nilai lebih dalam pelaksanaan Rakor kali ini.

Unsur peserta yang hadir pada Rakor tahun 2019 kali ini adalah dari:

  1. Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Kabupaten/Kota;
  2. Kepala Seksi PAUD Dikmas Kabupaten/Kota;
  3. Kepala Seksi Dikmas Kabupaten/Kota;
  4. Kepala Satker Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB;
  5. Kepala Satker Kantor Bahasa NTB;
  6. Perwakilan SKB di setiap Kabupaten/Kota;
  7. Perwakilan dari organisasi lembaga mitra;
  8. Perwakilan dari BP-PAUD dan Dikmas NTB

Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Dr. Abdul Kahar menyampaikan materi tentang kebijakan Ditjen PAUD Dikmas tahun 2019

Pada awal rencana, Rakor di Balai NTB ini akan di buka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD dan Dikmas NTB, namun dikarenakan ada kegiatan lain maka beliau diwakilkan oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Dr. Abdul Kahar.

Berikut pula kehadiran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dan Bunda PAUD Provinsi NTB, pada acara pembukaan Rakor semakin menegaskan bahwa peran BPPAUD dan Dikmas NTB di Nusa Tenggara Barat sedikit banyak telah mampu untuk ikut aktif mendukung kemajuan pendidikan khususnya di bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Kami kutip dari rencana kegiatan atau Desain Kegiatan, dapat dijabarkan tujuan dari dilaksanakannya Rakor ini adalah sebagai berikut :

  1. Mensosialisasikan Rencana Program dan Anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas tahun anggaran 2019 di provinsi dan kab/kota;
  2. Mensosialisasikan Kebijakan teknis dan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan dan anggaran Ditjen PAUD dan Dikmas tahun 2019 di provinsi dan kab/kota;
  3. Menyepakati rencana alokasi bantuan PAUD dan Dikmas tahun 2019 per- kabupaten/kota;
  4. Menyepakati rencana alokasi dan jadwal kerja pelaksanaan kegiatan tahun 2019 di provinsi dan kab/kota.