BP-PAUD dan Dikmas NTBDilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 29 Maret 2019, keterlibatan seluruh pegawai BPPAUD dan Dikmas NTB pada kegiatan yang menggunakan metode visioning (Outbound) ini menjadi suatu kegiatan yang akan menumbuhkan dan menguatkan hubungan kebersamaan, kerjasama, dan disiplin diantara seluruh unsur yang terlibat.

Salah satu materi dari dari kegiatan outbound adalah Pelatihan Baris-berbaris (PBB) untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan.

Tidak kurang dari sepuluh orang narasumber sekaligus menjadi instruktur dari Kodim 1606 Lombok Barat berusaha untuk memberikan bimbingan melalui berbagai permainan yang dikemas sedemikian rupa guna menciptakan rasa kebersamaan tersebut.

Dengan memanfaatkan fasilitas yang terdapat di Pasific Beach Cottages Senggigi Kabupaten Lombok Barat, seluruh peserta kegiatan Outbound mendapatkan pengarahan dari Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, Drs.Suka,M.Pd, mengenai pentingnya pembinaan kepegawaian, “pembinaan pegawai di kantor kita sangat penting dilakukan agar kita semua dapat meningkatkan disiplin dan kerjasama sekaligus kebersamaan antar kita” ungkapnya.

Permainan halang rintang dengan menggunakan balok, dimainkan delapan orang guna melatih kekompakan dan kerjasama tim.

Secara teori memang arah yang dituju dari dilaksanakannya Outbound ini adalah dengan dibangunnya rasa kebersamaan yang tinggi maka meminimalisir berbagai permasalahan yang akan menyebabkan penurunan kinerja pegawai dalam melaksanakan tugasnya, dimana Pegawai yang bermutu dan profesional akan menunjukkan tingkat kinerja dan disiplin yang tinggi dalam melaksanakan layanan bagi organisasi dan masyarakat,  sehingga akan berdampak pada tercapainya pelaksanaan program kerja BPPAUD dan Dikmas NTB dengan optimal.

Selain daripada itu dampak yang akan dicapai pasca kegiatan ini mencakup beberapa hal yang memang secara prinsip harus dimiliki oleh individu yang berada di lingkungan Balai, seperti :

  1. Peningkatan kemampuan dan disiplin yang tinggi terhadap pegawai BPPAUD dan Dikmas NTB dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
  2. Pegawai dapat meningkatkan kerjasama, saling menghormati dan menghargai segala keputusan yang diambil.
  3. Meningkatkan kemampuan mengenal diri dan orang lain dalam layanan dan pengembangan program pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.
  4. Melahirkan semangat kompetisi yang sehat dalam peningkatan mutu layanan terhadap program pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat.

Draft Ikrar yang ditulis langsung oleh Drs. Suka, M.Pd

Melihat pentingnya hasil berikut dampak yang ingin dituju secara bersama-sama, maka Kepala Balai berinisiatif untuk mengajak seluruh staf mengikrarkan dua hal yang menjadi dasar untuk tumbuhnya kondisi positif di lingkungan Balai.

Adapun ikrar yang harus dipegang teguh secara konsisten tersebut adalah yang pertama agar seluruh pegawai tidak melakukan dua belas hal budaya malu, dan yang kedua adalah berkomitmen menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).