Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan di Lingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas

0
1169

BP-PAUD dan Dikmas NTB –┬áBagian Hukum, Tata Laksana, dan Kepegawaian Setditjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 s.d 29 April 2016 telah mengundang seluruh PP-PAUD dan Dikmas, BP-PAUD dan Dikmas, Direktorat, Sekretariat dan Biro dalam rangka penyusunan standar kompetensi jabatan (standar kompetensi manajerial dan standar kompetensi teknis) dilingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.

Dasar pemikiran yang melandasi dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah bahwa Road Map reformasi birokrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), salah satu area perubahan yang dilakukan oleh Kemendikbud adalah penguatan sistem manajemen SDM aparatur. Penguatan sistem manajemen SDM ini sejalan dengan Permendikbud 7 tahun 2013 tentang pedoman penataan pegawai berbasis kompetensi di lingkungan Kemendikbud.

Langkah-langkah penataan pegawai berbasis kompetensi berdasarkan Permendikbud nomor 7 tahun 2013 tentang pedoman penataan pegawai berbasis kompetensi di lingkungan Kemendikbud adalah sebagai berikut :

  1. Pembentukan tim analisis jabatan
  2. Pelaksanaan analisis jabatan
  3. Pelaksanaan analisis beban kerja
  4. Standar kompetensi jabatan
  5. Pemutakhiran database

Berdasarkan Permendikbud nomor 7 tahun 2013 tentang pedoman penataan pegawai berbasis kompetensi di lingkungan Kemendikbud, penyusunan standar kompetensi jabatan dilakukan untuk menghasilkan kualifikasi jabatan.

Standar kompetensi jabatan merupakan persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki seorang pegawai dalam melaksanakan tugas jabatan, oleh karena itu untuk menjamin objektifitas penempatan pegawai yang sesuai dengan kompetensi jabatan diperlukan standar kompetensi jabatan.

Penyusunan standar kompetensi jabatan dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi organisasi. Standar kompetensi jabatan terdiri atas kompetensi dasar dan kompetensi bidang. Jabatan yang memiliki fungsi sejenis dapat memiliki kompetensi dasar yang sama.

Kompetensi adalah karakteristik dan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tugas dan/atau fungsi jabatan. Kompetensi manajerial adalah soft competency yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tugas dan atau fungsi jabatan.

Standar kompetensi manajerial PNS adalah persyaratan kompetensi manajerial minimal yang harus dimiliki seorang PNS dalam melaksanakan tugas jabatan.

Kompetensi teknis adalah kemampuan kerja setiap PNS yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang mutlak diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugas jabatannya.

Standar kompetensi teknis PNS adalah kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tugas dan/atau keahlian serta sikap kerja yang berdasarkan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

Berikut adalah tujuan dan hasil yang diharapkan oleh Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kepegawaian Setditjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Tujuan :

  1. Menyusun standar kompetensi manajerial untuk setiap jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.
  2. Menyusun standar kompetensi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.
  3. Meningkatkan pemahaman terhadap standar kompetensi jabatan.

Hasil :

  1. Tersusunnya standar kompetensi manajerial untuk setiap jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.
  2. Tersusunnya standar kompetensi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.
  3. Meningkatnya pemahaman terhadap standar kompetensi jabatan.
BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR