Page 3 - LAKIP_NTB_2019_FINAL
P. 3

KATA PENGANTAR



                                                         Laporan     Akuntabilitas    Kinerja    Instansi

                                                         Pemerintah  (LAKIP)  Balai  Pengembangan

                                                         Pendidikan  Anak  Usia  Dini  dan  Pendidikan

                                                         Masyarakat  (BP-PAUD  dan  Dikmas)  Nusa

                                                         Tenggara  Barat  tahun  2019  disusun  untuk
                                                         memberikan  gambaran  dan  informasi  secara

                                                         menyeluruh  dan  objektif  tentang  pencapaian

                    kinerja  selama  1  tahun  pelaksanaan  anggaran.  Laporan  kinerja  ini  menyajikan

                    informasi kinerja atas pencapaian sasaran strategis yang tertuang dalam perjanjian

                    kinerja BP PAUD dan Dikmas NTB tahun 2019 yang dilengkapi analisis pencapaian 4

                    indikator kinerja.

                         Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
                    Nusa  Tenggara  Barat  pada  tahun  2019  menetapkan  1  Sasaran  Strategis  yang

                    perealisasiannya  didukung  4  indikator  kinerja.Secara  umum  Balai  Pengembangan

                    Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat telah

                    dapat merealisasikan target kinerja yang tertuang dalam perjanjian kinerja bahkan

                    melebihi target yang telah ditetapkan.

                         Meskipun pencapaian kinerja melebihi target, tetapi masih terdapat hambatan

                    dan permasalahan yang belum terselesaikan pada tahun 2019 yang perlu diselesaikan
                    pada tahun mendatang. Permasalahan tersebut diantaranya (1) Rendahnya jumlah

                    Satuan  Pendidikan  PAUD  dan  Dikmas  yang  terakreditasi  di  Propinsi  NTB;  (2)

                    Rendahnya  motivasi  pengelola  satuan  Pendidikan  PAUD  dan  Dikmas  untuk

                    mengajukan  akreditasi  dan  (3)  Tingginya  permasalahan  penyelenggaraan  dan

                    pembelajaran PAUD dan Dikmas di masyarakat dimana beberapa telah diselesaikan

                    melalui pengembangan program.

                         Laporan kinerja ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi serta koreksi untuk
                    mengetahui  permasalahan  maupun  hambatan  dalam  pelaksanaan  program  dan


                                                              i
   1   2   3   4   5   6   7   8