BP PAUD dan Dikmas NTBPermendikbud No 5 tahun 2017 tentang Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat  (BP-PAUD Dan Dikmas) menyebutkan bahwa salah satu tugas BP-PAUD dan Dikmas adalah melaksanakan pemetaan mutu pendidikan diwilayah kerjanya. Pada tahun 2021 ini BP-PAUD Dan Dikmas Nusa Tenggara Barat akan melaksanakan pemetaan mutu PAUD dan Dikmas di seluruh Kabupaten/Kota pada wilayah daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pemetaan mutu  PAUD dan Dikmas yang dilakukan oleh BP-PAUD dan Dikmas bertujuan untuk memetakan mutu satuan pendidikan berdasarkan pemenuhan terhadap 8 (delapan) standar nasional pendidikan.

Hari ini (18/10/2021) BP-PAUD dan Dikmas NTB melakukan sosialisasi pemetaan mutu ke seluruh Kabupaten/Kota. Pelaksanaan pemetaan mutu pada tahun 2021 dilaksanakan dengan cara sedikit berbeda terutama pada tahapan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Diperlukan strategi dan rencana yang matang agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan optimal tanpa mengesampingkan protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh gugus tugas penanganan covid-19.

Sosialisasi pemetaan mutu sebagai tahapan awal kegiatan pemetaan mutu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait penggunaan aplikasi Pemetaan mutu yang dibuat sendiri oleh BP PAUD dan Dikmas NTB. Kegiatan sosialiasi pemetaan mutu difokuskan pada penggunaan aplikasi pemetaan mutu yang terdiri dari:

  1. Petugas Lapangan yang nantinya di dalam aplikasi memiliki wewenang sebagai verifikator
  2. Operator satuan yang nantinya bertugas mengisi instrumen pemetaan mutu melalui aplikasi

Dengan pemahaman yang cukup terhadap teknis penggunaan aplikasi diharapkan proses penginputan dan verifikasi data yang merupakan tahapan setelah sosialisai dapat berjalan lancar dan efesien.

“ Pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas tidak hanya terbatas untuk mendorong pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di satuan pendidikan wilayah Provinsi NTB, tapi juga bertujuan untuk: Mendapatkan data komprehensif dan riil mengenai keadaan satuan pendidikan di lapangan; Mengetahui kemampuan satuan pendidikan dalam pemenuhan Standar Nasional Pendidikan;Mengelompokkan kebutuhan satuan pendidikan di tiap wilayah yang menjadi dasar tindakan supervisi;Mendorong kualitas penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, bagi pendidik, tenaga kependidikan maupun pembimbingan dan pendampingan satuan pendidikan;Membantu perumusan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, serta Mewujudkan angka ketercapaian satuan pendidikan yang terakreditasi dalam rangka peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran”, ujar Drs. Suka, M.Pd Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan yang dilakukan secara luring melalui aplikasi ZOOM Meeting.

Sebagai Narasumber Utama pada sosialisasi ini L. Mukti Dwinata, S.Kom Analis Mutu Pendidikan BP PAUD dan Dikmas NTB mensimulasikan penggunaan aplikasi pemetaan mutu tahun 2021 untuk petugas lapangan dan operator satuan Pendidikan, memberikan tips dan trik penggunaan aplikasi agar lebih mudah dan cepat walaupun sinyal kurang begitu bagus.