BP-PAUD dan Dikmas NTB – Supervisi satuan pendidikan merupakan upaya peningkatan mutu layanan pendidikan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) yang mengacu pada standar minimal Satuan Nasional Pendidikan (SNP). Supervisi merupakan pembimbingan yang dilakukan kepada satuan PAUD dan Dikmas dalam rangka upaya memenuhi atau pun melampaui 8 Standar Nasional Pendidikan. Supervisi diselenggarakan oleh BP-PAUD dan Dikmas Nusa Tenggara Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di tiap Kabupaten/Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Setelah proses supervisi, data masing-masing kabupaten kemudian dianalisis dan selanjutnya dilaksanakan diseminasi hasil dan evaluasi. Peserta kegiatan diseminasi hasil dan evaluasi supervisi PAUD dan Dikmas tahun 2021 melalui zoom meeting ini berjumlah 200 orang dan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2021. Hari pertama dilaksanakan dengan 108 peserta dari pulau Lombok dan dibuka langsung oleh Kepala BP-PAUD dan  Dikmas NTB Drs. Suka, M.Pd. Pada saat membuka kegiatan, Suka menyampaikan jumlah lembaga/satuan yang telah disupervisi dan berpesan agar kegiatan ini diikuti dengan baik oleh seluruh peserta.

Sedangkan pada hari kedua peserta berasal peserta dari pulau Sumbawa dengan jumlah 92 orang. Dalam kegiatan ini, hasil analisis dipresentasikan oleh masing-masing koordinator wilayah. kegiatan kemudian ditutup oleh Kasubbag TU Mas’ud, S.Pd.. Hasil supervisi ini kemudian diharapkan akan dapat menjadi acuan bagi masing-masing Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab./Kota dalam mengambil tindakan ataupun melaksanakan program bagi satuan/lembaga.