BP-PAUD dan Dikmas NTB-Perubahan mrupakan suatu hal yang selalu kita temui di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Begitu juga halnya dalam berorganisasi dan dunia kerja. Perubahan dapat terjadi secara perlahan maupun signifikan. Pandemi covid-19 selama ini juga mengakibatkan perubahan yang signifikan dalam segala bidang, begitu juga dalam bidang pendidikan. Untuk itu, kita semua harus siap menghadapi tantangan demi tantangan dalam setiap perubahan yang terjadi. Menyikapi hal ini, BP-PAUD dan Dikmas NTB melaksanakan pembinaan kepegawaian melalui pengembangan karakter (tema: Spirit of Change) bagi seluruh pegawainya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 9 April 2021 di Hotel Holiday Resort, Lombok Barat.

Pada hari pertama dimulai dengan Laporan Kasubbag TU Mas’ud, S.Pd, pembukaan dan penyampaian materi oleh Plt. Kepala BP-PAUD dan Dikmas NTB Drs. Suka, M.Pd. Setelah itu, kegiatan dilanjut dengan deklarasi ZI-WBK tahun 2021 (penandatanganan komitmen integritas) oleh seluruh pegawai dalam mendukung BP-PAUD dan Dikmas NTB menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Hari kedua kemudian diisi dengan outbond yang disesuaikan dengan tema spirit of change. Pada malam harinya (malam terakhir) diselipkan kegiatan Spiritual Inspiration bersama TGH. Muamar Arafat, Ust. M. Azhar dan hafiz cilik naja “Dalam Rangka Kegiatan Non Klasikal Peningkatan Pengembangan Karakter Pegawai BP-PAUD dan Dikmas NTB Tahun 2021”. Rangkaian kegiatan setelahnya pada malam terakhir ini adalah launching program podcast PATAS BP-Paud dan Dikmas NTB serta pengumuman dan pembagian hadiah pada kelompok-kelompok outbond.

Hari terakhir kegiatan diawali dengan senam pagi yang dilanjutkan dengan susur pantai. Sebagai bentuk peduli lingkungan, seluruh peserta membersihkan sampah yang ada di sekitar pantai. Setelah itu, diakhiri dengan penutupan kegiatan yang dilaksakan pada pukul 10.00 WITA.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan pegawai menjadi lebih berintegritas, kreatif dan inovatif, berkinerja tinggi, mampu bekerjasama dalam tim dan meningkatkan solidaritas antar pegawai. Tertanamnya  nilai-nilai tersebut dapat menjadi bekal bagi para pegawai dalam menghadapi tantangan pada setiap perubahan saat bekerja. Sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada satuan kerja BP PAUD dan dikmas NTB menjadi lembaga pemerintah yang semakin produktif dalam hal pelayanan publik di bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat khususnya di Provinsi NTB.