BP-PAUD dan Dikmas NTB – Model Pendidikan Keaksaraan Dasar Dengan Pendekatan Seni Teater Tradisional merupakan pengembangan pendidikan keaksaraan dasar yang menekankan peningkatan kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia melalui pengenalan cerita dan pertunjukan seni teater tradisional. Model ini dikembangkan sebagai salah satu pelaksanaan tugas dan fungsi BPPAUD dan Dikmas NTB untuk melaksanakan pengembangan program dan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat untuk memecahkan masalah di bidang PAUD dan Dikmas. 

Pelaksanaan orientasi teknis oleh tim pengembang di PKBM Mandiri Kabupaten Lombok Utara.

Tahapan yang dilakukan pada proses pengembangan model adalah uji coba. Uji coba dilaksanakan secara dua tahap, yakni uji coba konseptual dan uji coba operasional. Uji coba model bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas, kemenarikan, dan keterlaksanaan model baik dari segi konsep maupun implementasinya. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan uji coba operasional dimulai dari orientasi teknis kepada lembaga tempat uji coba.

Orientasi teknis dilaksanakan oleh tim pengembang pada tanggal 24 Oktober 2020. Lokasi uji coba operasional model bertempat di PKBM Darussalam Kabupaten Lombok Barat, PKBM Mumtaz Kabupaten Lombok Timur dan PKBM Mandiri Kabupaten Lombok Utara. Tim pengembang beranggotakan M. Romadoni, S.Pd sebagai ketua tim serta Irham Yudha Permana, S.Pd dan Fauziyah Syahrawati, M.Ed sebagai anggota.

Sasaran orientasi teknis adalah tutor dan pengelola PKBM. Materi orientasi teknis antara lain Permendikbud Nomor 86 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keaksaraan Dasar, Model Pendidikan Keaksaraan Dasar Dengan Pendekatan Seni Teater Tradisional, Metode dan Strategi Pembelajaran, serta Bahan Ajar 6 seri yang disusun oleh tim pengembang.