BPPAUD dan Dikmas NTB – Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB Suka, M.Pd bersama ketua Dekranasda NTB Ibu Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkifliemansyah ,Se.M.Sc  dan jajarannya melakukan rapat terbatas dalam rangka persiapan kegiatan Sinergitas Dekranas & Kementerian Pendidikan & Kebudayaan,Dalam Pendidikan Kecakapan Wirausaha ( PKW ) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Kuta Mandalika yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 November 2020, rapat terbatas ini dilaksanakan di  Balai Griya NTB. 

Adapun Tujuan kegiatan sinergitas ini adalah mengembangkan  sektor kriya yang berbasis tradisi dan kearifan lokal, bernilai tinggi, serta berdaya saing, semakin penting untuk terus didukung kemajuannya. Terlebih di situasi pandemi yang penuh tantangan dan di tengah perubahan zaman yang begitu cepat ini. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Destinasi Pariwisata Super Prioritas Kuta Mandalika-Lombok Tahun 2020.

PKW adalah salah satu program prioritas yang menjadi kewenangan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud, dengan target sasaran tahun ini berjumlah 16,6 ribu orang. Melalui program tersebut, Kemendikbud melakukan sinergi atau melakukan ‘Perkawinan’ antara lembaga penyelenggara PKW dengan dunia usaha (DU) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), agar dapat membantu terwujudnya lulusan PKW yang dapat merintis usaha mandiri. Adapun wujud sinergi yang dilakukan bersama DU dan UMKM meliputi penyusunan kurikulum, pelibatan narasumber ahli, penyelenggaraan program, pendampingan rintisan usaha, mitra usaha, serta sharing resources.

Dalam rapat persiapan ini ketua Dekranasda NTB Ibu Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkifliemansyah ,Se.M.Sc memastikan bahwa segala sesuatu yang akan dilaksanakan besok pada saat kegiatan sudah siap. BP PAUD dan Dikmas NTB yang diwakili oleh Suka, M.Pd sebagai UPT Kemdikbud diminta untuk mendukung dan memberikan support agar kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada kendala.