BP-PAUD dan Dikmas NTB – BP PAUD dan Dikmas NTB memiliki tugas melaksanakan pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas, untuk itu telah dilakukan pemetaan mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020 yang memotret perkembangan penyelenggaraan PAUD dan pendidikan masyarakat. Hasil pemetaan mutu tersebut kemudian dipandang perlu dipaparkan dan ditindaklanjuti sebagai upaya memberikan informasi kepada pihak terkait berkenaan dengan proses dan hasil yang telah dicapai serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pemaparan hasil dan tindak lanjut pemetaan mutu tahun 2020. Selain itu, pemaparan hasil dan tindak lanjut pemetaan mutu tahun 2020 ditujukan untuk mendorong para penyelenggara satuan pendidikan PAUD dan Dikmas untuk menjadikan lembaga mereka memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan.

Pemaparan dan tindak lanjut hasil pemetaan mutu PAUD Dikmas NTB pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Adanya pandemi covid-19 membuat kami mengganti cara penyampaian hasil pemetaan mutu tahun 2020. Pada tahun sebelumnya, semua peserta dari 10 kab/kota diundang hadir di BP-PAUD dan Dikmas NTB dan mengikuti pemaparan hasil secara bersamaan. Sedangkan pada tahun ini pemaparan hasil dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota dengan teap memperhatikan protokol kesehatan.

Pelaksanaan pemaparan pada masing-masing kabupaten/kota berlangsung satu hari penuh dengan rangkaian kegiatan:

  1. Penyampaian materi tentang hasil dan tindak lanjut pemetaan mutu PAUD dan Dikmas Tahun 2020 oleh pemateri dari kepala BP-PAUD dan Dikmas NTB atau yang mewakili.
  2. Penyampaian materi tentang rencana anggaran pendidikan oleh pemateri dari unsur Bappeda/Dinas Pendidikan
  3. Sesi tanya jawab

Total peserta pemaparan hasil dan tindak lanjut pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas di Kabupaten/Kota Tahun 2020 adalah 200 orang (20 orang di masing-masing kabupaten/kota). 20 orang peserta tersebut terdiri dari beberapa unsur yakni : Dinas Pendidikan kabupaten/kota, SKB kabupaten/kota, Penilik/pengawas PAUD, Tim Pelaksana Lapangan Pemetaan Mutu Tahun 2020 kabupaten/kota, dan Lembaga Mitra dari Kabupaten/kota (Forum PKBM, Himpaudi dan IGTKI).