BP PAUD dan Dikmas NTB – Perawatan pada satuan Pendidikan PAUD dan Dikmas merupakan kegiatan pendampingan/pembinaan/penguatan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dilaksanakan di masing-masing satuan PAUD dan Dikmas. Adapun pelaksanaan perawatan tersebut meliputi ketercapaian Standar Nasional Pendidikan disingkat SNP yaitu: 1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)/ Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) ; 2. Standar Isi; 3. Standar Proses; 4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK); 5. Standar Pengelolaan; 6. Standar Sarana dan Prasarana; 7. Standar Pembiayaan; 8. Standar Penilaian Pendidikan sebagaiman diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005.

Pada tahun 2019, Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat telah melaksanakan Program Kegiatan Perawatan terhadap 901 Satuan PAUD dan Dikmas di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kendati hasil perawatan telah tercapai, masih terdapat satuan PAUD dan Dikmas yang belum terakreditasi, maka BPPAUD dan Dikmas NTB sebagai institusi pemerintah pengampu dalam penjaminan mutu Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan masyarakat sangat penting melaksanakan pembinaan dan pengembangan terhadap satuan PAUD dan Dikmas.

Pembinaan dan pengembangan mutu Satuan di bidang PAUD dan Dikmas harus dapat terwujud secara sistematis dan berkesinambungan dengan cara melakukan perawatan terhadap sasaran perawatan tahun sebelumnya dengan prioritas pada sasaran Perawatan tahun 2019.

Secara umum pengertian perawatan pendidikan pada satuan PAUD dan Dikmas adalah pembinaan berupa tuntunan menuju perbaikan situasi pendidikan dalam rangka peningkatan dan pengembangan mutu.  Dengan kegiatan perawatan tersebut diharapkan dapat mendukung pelaksanaan optimalisasi pembinaan dan pengembangan program PAUD dan Dikmas.

Kegiatan perawatan yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas NTB  dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 22 September 2020 sampai  25 September 2020.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Meningkatkan kinerja peserta didik agar dapat belajar dengan penuh semangat sehingga dapat mencapai prestasi belajar secara optimal;
  2. Meningkatkan mutu kinerja pendidik dan tenaga kependidikan sehingga berhasil membantu dan membimbing peserta didik dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan;
  3. Meningkatkan keefektifan kurikulum, proses, dan, materi pembelajaran sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik dalam proses pembelajaran di setiap satuan Pendidikan;
  4. Meningkatkan keefektifan dan keefisiensienan sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik;
  5. Meningkatkan kualitas pengelolaan satuan pendidikan, khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal;
  6. Meningkatkan kemampuan satuan pendidikan agar dapat memenuhi seluruh indikator standar nasional pendidikan sehingga dapat diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF.

Semoga pelaksanaan kegiatan perawatan oleh BPPAUD Dikmas NTB berjalan sistematis dan mencapai tujuan yang diinginkan dan berlangsung secara komprehensif.