Apel pagi bukan sekedar formalitas atau rutinitas yang biasa bagi BP-PAUD dan Dikmas NTB. Selain sebagai tindak lanjut dari upaya peningkatan disiplin, apel pagi juga dipergunakan sebagai moment sosialisasi dan distribusi berbagai informasi penting yang mendukung kinerja pegawai.

Pada apel pagi kali ini (Senin, 29 Juni 2020) Kepala Balai selaku pembina apel menyampaikan “Jika tahun sebelumnya mekanisme pengusulan satker menuju ZI WBK berdasarkan penunjukan dari bagian sekertariat Kemdikbud. Maka konsekwensinya, siap atau tidak siap kita harus siap. Namun pada tahun ini mekanismenya sedikit berbeda, dimana Satker yang secara langsung mengusulkan untuk dinilai menjadi ZI WBK. itu artinya BP PAUD dan Dikmas pada tahun 2020 ini secara sadar menganggap bahwa legitimasi ZI WBK bukan sekedar nilai yang patut untuk diperoleh, melainkan menjadi kebutuhan bagi Balai untuk terus berbenah menjadi lebih baik.” Berikut persiapan-persiapan menuju WBK tahun 2020 yang telah dilakukan BP-PAUD dan Dikmas NTB selama ini, diantaranya:

  1. Menetapkan kembali Tim ZI WBK, Tim Agen Perubahan dan Tim penanganan Gratifikasi melalui mekanisme yang demokratis yaitu Musyawarah Mufakat. Sehingga melalui penetapan Tim tersebut, diharapkan menjadi sitem/motor penggerak bagi seluruh Pegawai dilingkungan BP PAUD dan Dikmas. Khusunya dalam mewujudkan BP-PAUD dan Dikmas membudayakan bekerja tanpa korupsi, pegawai yang berkinerja tinggi dan memberikan layanan prima sepenuh hati.
  2. Menginternalisasi nilai-nilai reformasi birokrasi ke dalam setiap program yang dilaksanakan oleh BP PAUD dan Dikmas NTB
  3. Melakukan review SOP secara berkala dengan tujuan agar dapat memastikan evektifitas SOP. Terutama melakukan review terhadap SOP pelayanan bagi pihak eksternal
  4. Mengoptimalkan fungsi media informasi, sebagai wadah pemutahiran data dan infomasi melalui Website dan media sosial resmi BP PAUD dan Dikmas NTB.

Kepala Balai juga menegaskan agar tim yang telah dibentuk tetap semangat memberikan yang terbaik dalam segala persiapannya dan melengkapi seluruh bukti dukung yang diperlukan. “seluruh pegawai harus tetap semangat dalam memberikan pelayanan terbaik dan tim persiapan ZI WBK yang telah dibentuk agar melengkapi semua dokumen yang diperlukan” ujarnya. Adanya pandemi covid-19 menyebabkan metode penilaian WBK tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pendampingan dan penilaian oleh yang berwenang tidak lagi dilakukan dengan datang langsung ke satker-satker yang diniai, saat ini semua itu dilakukan melalui dalam jaringan. Meski begitu seluruh pegawai BP-PAUD dan Dikmas NTB tetap semangat dalam meningkatkan kinerja dan melakukan yang terbaik.