BP PAUD dan Dikmas NTB – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis dalam jaringan bagi guru, mitra dan penilik PAUD dalam pelaksanaan belajar dari Rumah untuk provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 22 hingga 27 Juni 2020. Yang diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari 10 kabupaten/kota yang ada di Nusa Tenggara Barat

Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB Suka, M.Pd memberikan memotivasi kepada seluruh peserta agar memaksimalkan fasilitas yang telah diberikan ini, penguasaan dan pendalaman materi yang akan diberikan nanti diharapkan dapat diterapkan di Satuan Pendidikan masing-masing di wilayahnya. “Guru tetaplah guru, apapun situasi dan kondisinya penyelenggaraan pendidikan tetaplah harus berjalan, pandemik yang mewabah bukan halangan, pendidikan tetap harus berlangsung, hak peserta didik untuk mendapat pendidikan tetap harus terlaksana, walaupun pada saat ini mekanisme dan media penyelenggaraannya saja yang sedikit berbeda yang lebih banyak melalui media digital ini” tutur beliau saat membuka kegiatan pada 22 Juni 2020.

Berdasarkan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan pandemi virus ini, melalui Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 mewajibkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah, baik bagi guru maupun peserta didik. Untuk mendukung kebijakan ini, maka guru harus siap dengan strategi yang tepat agar anak tetap dapat melakukan kegiatan belajar dari rumah.

Kegiatan ini merupakan program kerjasama antara Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan UPT Kemdikbud BP PAUD dan Dikmas NTB tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi dan peran guru serta orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di masa pandemi. “Walaupun penularan pada jenjang anak usia dini relatif kecil, tetapi anak-anak dengan status gizi dan kesehatan yang buruk sangat rentan terhadap penularan wabah yang sedang berkembang ini” ungkap Direktur PAUD – Dr Muhammad Hasbi saat memaparkan tentang kebijakan PAUD.

Dengan didukung oleh narasumber yang telah diseleksi dan berasal dari Direktorat PAUD dan UPT yang memiliki kemampuan menguasai materi dan mengelola kegiatan melalui daring berdasarkan Surat Keputusan Direktur PAUD sebagai berikut :

  1. Muh. Hasbi, S.Sos (Direktur PAUD)
  2. Suka, M.Pd (Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB)
  3. Ernie Isis Aisyah Amini, M.Pd (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas NTB)
  4. Rizky Rachmadaniar, M.Pd (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas NTB)
  5. Baiq Vina Handayani (Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas NTB)
  6. Uum Suminar, M.Pd (BP PAUD dan Dikmas Banten)
  7. Sri Wahyuningsih, M.Pd (PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat)
  8. Fitriany Amrullah, M.Pd (Dinas Pendidikan Kota Makassar)
  9. Irma Yuliantina, M.Pd (STKIP Pancasakti)
  10. Mareta Wahyuni, M.Pd (Direktorat PAUD)
  11. Ir. Adiyati Fathu R, M.Pd ( Universitas Muhammadiyah)
  12. Suharman, S.Ip (BP PAUD dan Dikmas Papua)

Kegiatan ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kompetensi peserta dalam memahami pentingnya bermain bagi anak; merancang kegiatan bermain anak di rumah yang bermuatan matematika, sains, bahasa, seni kriya, dan musik; menyusun RPP sederhana dalam pelaksanaan belajar dari rumah; melaksanakan penilaian hasil belajar anak selama belajar dari rumah; membangun komunikasi efektif dengan orangtua; melaksanakan dukungan psikologi awal anak; memberikan pengasuhan positif; serta menggunakan media daring. Materi Bimtek dapat diunduh di link berikut : https://drive.google.com/drive/folders/1AyMIRXwKY3aKxhwpWKJVWncIA7VmSQ97

Tak hanya berfokus pada pelaksanaan selama kegiatan, tapi kegiatan ini juga berorientasi pada pasca bimtek. Yakni pengimbasan yang dilakukan oleh peserta bimtek dengan sasaran pendidik PAUD di satuan yang berada didalam satu wilayah peserta. Jumlah sasaran pengimbasan minimal 10 satuan PAUD atau setara dengan 20 orang pendidik dan atau tenaga kependidikan PAUD. Teknis pengimbasan dapat dilakukan secara daring maupun luring menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di setiap daerah dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan covid19. Kegiatan pasca bimtek berupa pelaporan hasil pelaksanaan RTL (Rencana Tindak Lanjut), yang akan menjadi dasar bagi penyelenggara untuk menetapkan ketuntasan peserta dalam mengikuti bimtek.