BP PAUD Dan Dikmas NTB – Di tengah pandemi virus Covid-19, petugas kebersihan tetap bekerja menjaga kebersihan di lingkungan kantor BP PAUD dan Dikmas NTB. Meski ada kekhawatiran terhadap penularan virus Covid-19, namun tanggung jawab terhadap tugasnya tersebut lebih besar dari ketakutan terhadap ancaman virus. Hal ini terlihat dari semangat petugas kebersihan membersihkan sampah dan menata taman pada hari Jumat (05/06).

Keberadaan mereka terkadang tak terlihat atau jarang terekspos, tapi bisa dibayangkan jika para petugas kebersihan mengikuti imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH), sampah-sampah akan menumpuk, lingkungan jadi tercemar dan mengakibatkan munculnya wabah penyakit baru selain Covid -19. Jadi kita dapat simpulkan ada profesi lain selain tenaga medis yang memiliki peranan dalam perang melawan Covid-19 yaitu petugas kebersihan.

Tak kalah menarik bahwa hari ini juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Enviromental Day. Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia selalu diperingati pada 5 Juni, sejak pertama kali Majelis Umum PBB menetapkannya pada 1974.  Melansir India Today, Kamis (4/6/2020), peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia berawal dari konferensi besar pertama tentang isu-isu lingkungan yang diadakan pada 5-16 Juni 1972 di Stockholm, Swedia. Akhirnya, pada 15 Desember 1972, Majelis Umum PBB membuat resolusi yang menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sejak 1974, Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan setiap tahun dengan melibatkan pemerintah, pebisnis, selebriti, dan masyarakat (sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/05/124358465/5-juni-hari-lingkungan-hidup-sedunia-mari-memahami-pentingnya)

 

SELAMAT HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA……….