Pendidikan merupakan roda penggerak, sehingga perubahan yang diperoleh dari pendidikan juga dapat merubah kebudayaan dan kebiasaan dari tiap zaman. Untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, pendidikan di Indonesia terus diupayakan dalam beragam cara meski di tengah pandemi covid-19. Wabah covid-19 membatasi pendidikan saat ini untuk bertemu dan menjalankan pendidikan sebagaimana biasanya. Siswa dan guru tidak dapat lagi bertatap muka secara langsung di dalam kelas, namun pendidikan tidak akan pernah berhenti sampai di sini. Teknologi menjadi sarana penting yang dapat mendukung pendidikan dengan berbagai cara kreatif guru dan pengembang pendidikan.

Sebagai upaya pelaksanaan pendidikan yang lebih berwarna di tengah pandemi covid-19, kali ini BP-PAUD dan Dikmas NTB menyelenggarakan Bimtek Jarak Jauh bagi PTK PAUD. Bimtek Jarak Jauh ini bertema “ Belajar dan Bermain yang Menyenangkan di Rumahku Istanaku” dalam upaya memutus penyebaran pandemi covid-19. Kepala BP-PAUD dan Dikmas sebagai narasumber pertama menyampaikan materi mengenai Paradigma Baru BOP PAUD yang dimoderatori oleh Rizki Rachmadaniar, M.PD (Pamong Belajar). Narasumber selanjutnya yakni Ernie Isis Aisyah Amini, M.Pd (Pamong Belajar) yang menyampaikan materi mengenai Keterlibatan Keluarga Mendidik Anak di Rumah dan materi terakhir adalah Bermain yang Menyenangkan Bersama Anak di Masa Pandemi Covid-19 disampaikan oleh Baiq Vina Handayani, S.Pd. (Pamong Belajar). Setelah materi disampaikan, para peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung melalui chat atau tatap muka online dalam teleconference.

Bimtek ini dilakasanakan melalui aplikasi webex pada Selasa, 12 Mei 2020 dengan total 481 peserta yang telah mengisi daftar hadir. BP-PAUD dan Dikmas NTB membuat aplikasi sendiri untuk manajemen pelaksanaan bimtek jarak jauh ini, sehingga peserta dapat mengisi daftar hadir secara online lengkap dengan tanda tangan mereka dan mendapatkan e-sertifikat setelah mengikuti rangkaian acara bimtek.

Tidak sampai di sini saja, selanjutnya BP-PAUD dan Dikmas akan mengadakan Bimtek Jarak Jauh bagi PTK Kejar Paket A, B dan C. Bimtek ini diharapkan dapat terus memicu insan pendidikan di NTB untuk terus bergerak menjalankan pendidikan dengan cara yang baik dan kreatif serta menyenangkan di tengah masa pandemi covid-19.