Bermula dari wabah di China pada Desember 2019, kini virus corona telah menginfeksi penduduk di dunia dan bahkan di Indonesia. Virus menular melalui droplet atau cairan mulut dan hidung orang yang terinfeksi. Pandemik virus corona (covid-19) pun terus menyebar tidak hanya di Pulau Jawa, Kalimantan dan pulau pulau besar Indonesia lainnya namun di Pulau Sumbawa dan Lombok yang menjadi bagian dari Provinsi NTB juga telah terjadi kasus covid-19. Hingga saat ini penderita positif terjangkit covid-19 di NTB sebanyak 4 orang. Karena itu, BP-PAUD dan Dikmas NTB mengambil beberapa langkah dalam menghadapi wabah corona.

Berikut fasilitas dan langkah-langkah konkret yang dilakukan BP-PAUD dan Dikmas NTB untuk mencegah penularan virus corona:

  1. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun

Tangan merupakan salah satu media penularan virus karena merupakan organ tubuh yang kerap bersentuhan dengan orang (jabat tangan) maupun memegang benda. Karerna itu BP-PAUD dan Dikmas NTB memasang/menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun di berbagai tempat selain kamar mandi di area kantor.

  1. Menyediakan handsanitizer di setiap ruangan

Selain tempat cuci tangan balai juga melengkapi fasilitas kebersihan berupa handsanitizer di setiap ruangan dan beberapa titik di area kantor.

  1. Menerapkan WFH (Work From Home)

WFH atau Kerja dari Rumah merupakan langkah strategis yang dapat dilakukan BP-PAUD dan Dikmas NTB untuk mencegah keadaan lebih buruk bagi para pegawai. Para pegawai segera beradaptasi dan mengikuti sistem kerja dengan Bekerja dari Rumah dan tetap produktif. Mereka melaporkan hasil pekerjaan melalui google drive yang telah disediakan balai. BP-PAUD dan Dikmas NTB juga tetap dapat memantau jam kerja dan absensi para pegawai melalui system dalam jaringan (online).

  1. Penyemprotan disinfektan

Disinfektan membunuh virus yang menempel di gagang pintu, besi tangga, dan spot lain yang sering dipegang banyak pegawai. Penyemrotan disinfektan dilakukan di seluruh ruangan dan area kantor. Selain itu, BP-PAUD dan Dikmas NTB juga tengah mengupayakan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan ke rumah setiap pegawai BP-PAUD dan Dikmas NTB untuk mengantisipasi dan mengupayakan pengurangan resiko penyebaran covid-19.

Berbagai upaya tersebut dilakukan BP-PAUD dan Dikmas NTB untuk melindungi para pegawai dari wabah virus corona (covid-19) namun tetap produktif dalam menjalankan tugas fungsi yang diemban. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan keafiatan sehingga dapat terus memberikan kontribusi positif bagi Pendidikan di Indonesia.