Hari ibu tanggal 22 Desember merupakan hari nasional dan bukan hari libur yang dirayakan secara nasional. Tanggal 22 Desember tersebut dikukuhkan secara resmi oleh pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959.

Tema peringatan hari ibu tahun 2019 ini adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, diskriminatif, dan lain-lain. Tema ini tercantum dalam sambutan menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang disampaikan pada upacara peringatan hari ibu di BP-PAUD dan Dikmas NTB. Sambutan tersebut disampaikan oleh pembina upacara tanggal 23 Desember 2019 Frida Nurcahyani, M.Ak. yang merupakan satu-satunya pejabat perempuan di BP-PAUD dan Dikmas NTB.

Peringatan Hari Ibu (PHI) tahun 2019 ini diwarnai dengan nuansa yang berbeda di BP-PAUD dan Dikmas NTB. Sebagian besar petugas upacara PHI tahun ini adalah pegawai perempuan. Hal ini menggambarkan BP-PAUD dan Dikmas NTB memberikan kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki demi menumbuhkan kemitrasejajaran antar pegawai.

Selamat hari ibu untuk semua perempuan di seluruh Indonesia.