Jum’at, 20 Desember 2019 merupakan hari yang penuh semangat untuk BP-PAUD dan Dikmas NTB. Pasalnya pada hari ini, BP-PAUD dan Dikmas NTB melaksanakan dua rangkaian kegiatan sekaligus. Kedua kegiatan tersebut yakni Coaching Clinic Bagi SWBB Kwarda NTB dan Sosialisasi Hasil Pengembangan Model BP-PAUD dan Dikmas NTB Tahun 2019. Pada awal acara, Kepala Balai Drs. Suka, M.Pd., menyampaikan sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Sesditjen PAUD dan Dikmas Dr. Wartanto. Pada kesempatan tersebut, Dr. Wartanto sekaligus membuka langsung kedua kegiatan tersebut secara resmi.

Pembuakaan kedua acara yang dilaksanakan di Gedung Inovatif BP-PAUD dan Dikmas NTB tersebut dihadiri juga oleh seluruh pejabat Eselon IV BP-PAUD dan Dikmas NTB dan para peserta dari 2 kegiatan. Peserta kegiatan SWBB berjumlah 38 orang yang terdiri dari perwakilan pramuka SKB, PKBM, PAUD, SWBB dari tiap kabupaten/kota, kwartir cabang dan daerah. Sedangkan peserta Sosialisasi berjumlah 64 orang yang merupakan perwakilan dari PAUD, SKB, PKBM dan LKP setiap kabupaten/kota yang ada di Lombok, serta 6 orang undangan dari 6 lebaga mitra.

Kegiatan Coaching Clinic merupakan bimbingan klinis Bagi SWBB Kwarda NTB tentang PAUD dan Dikmas, supaya para anggota memiliki keterampilan di bidang itu. Coaching Clinic dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman para anggota tentang kepramukaan hingga nanti dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dalam arahannya, Wartanto menyampaikan harapannya agar kegiatan Coaching Clinic ini dapat menanamkan karakter penggerak dan karakter kinerja para peserta. Sehingga generasi muda nantinya dapat turut mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara dan siap menghadapi tantangan era globalisasi yang semakin ketat. “Saya berharap kalau yang pramuka ini ada 2, yang peran gugus depan itu kan biasanya terkait dengan karakter penggerak dan karakter kinerja. Membangun masyarakat bangsa indonesia, warga negara menjadi warga yang bermartabat”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wartanto juga menyampaikan harapannya terkait dengan kegiatan sosialisasi hasil pengembangan model tahun 2019. Ia mengharapkan semua model dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat. “harapan kita, semua model itu akan termanfaatkan oleh masyarakat dan memberikan warna tersendiri terhadap PAUD Dikmas. Karena model ini bukan model nasional, tapi model yang bersifat lokal, yaitu digali dari masalah-masalah yang ada di NTB.” Model yang disosialisasikan berjumlah 9 model yang merupakan model kursus, pelatihan, keluarga, kesetaraan, keaksaraan dan model PAUD.

Dalam acara pembukaan tersebut dirangkai juga dengan acara penyerahan hadiah juara harapan 3 lomba PASASI yang telah diraih SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas NTB pada awal desember lalu. Wartanto menyatakan bahwa Ia memberikan dukungannya kepada BP-PAUD dan Dikmas NTB untuk terus maju tidak kalah dari daerah lain. “saya sebagai Sekertaris Direktorat Jenderal PAUD Dikmas memberikan dukungan, memberikan fasilitasi terhadap BP-PAUD dan Dikmas NTB, juga masyarakat NTB jangan kalah dengan daerah lain.”

Acara pembukaan ini diakhiri sesi foto bersama dengan gaya khas milenial yakni gaya selfie.