BP-PAUD dan Dikmas NTB Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis verval Data PAUD dan Dikmas di Nusa Tenggara Barat Tahun 2019. Peserta acara bimbingan kali ini  adalah 6 orang operator dinas dari 5 kabupaten/kota yang ada di Lombok, serta 2 orang petugas yang ditunjuk dari BP-PAUD dan Dikmas NTB. Bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka memperlancar  pelaksanaan verifikasi, validasi, dan integrasi data PAUD dan Dikmas di provinsi NTB.

Kegiatan ini sesuai dengan tugas PDSPK sendiri yakni melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan. Demi kelancaran kegitan ini, BP-PAUD dan Dikmas NTB juga menugaskan 3 orang pegawai untuk membantu tim dari PDSPK dalam hal kepanitiaan.

Suasana pelaksanaaan kegiatan Bimtek Verval Data.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Lombok Raya ini dibuka langsung secara resmi oleh kepala BP-PAUD dan Dikmas NTB Drs. Suka, M.Pd. pada hari Rabu, 18 Desember 2019. Dalam sambutannya yang hangat, Suka menyampaikan bahwa Ia senang dan bangga PDSPK mengadakan kegiatan ini. Ia berharap data pendidikan yang ada di NTB nantinya dapat diolah dengan baik, sehingga mendukung terlaksananya berbagai program pengembangan pendidikan PAUD dan Dikmas dengan maksimal.

“terkait dengan pendataan yang ada di PDSPK biasanya pendataan terkait dengan satuan pendidikan, PTK, NUPTK itu harus bisa divalidasi, karena ini seringkali ada perbedaan. Dan pada kesempatan ini saya berharap dalam pendataan ini walaupun system administrasi kita masih belum jelas, tapi kita tetap jalan”. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi yang juga dipaparkan oleh kepala BP-PAUD dan Dikmas NTB.

Pada hari berikutnya, tim dari PDSPK  memaparkan beberapa materi, yakni gambaran OTK di lingkungan Kemendikbud, verval NUPTK, verval PTK, NPSN, dll . Setelah itu, pemateri membuka sesi tanya jawab. Para peserta kemudian dengan antusias memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya dan menyampaikan permasalahan yang dialami di daerah masing-masing. Selanjutnya tim dari PDSPK menanggapi dan menjawab langsung permasalahan-permasalahan yang diajukan/disampaikan oleh peserta.