Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) merupakan wadah gerakan pramuka bagi pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tidak kalah dengan beberapa SWBB dari pangkalan lain yang sudah lebih lama terbentuk, SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas NTB mampu mengukir prestasi.

Dalam usianya yang terbilang masih cukup muda, SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas NTB masuk sebagai 10 besar dari lomba yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Hingga akhirnya meraih juara harapan 3 pada final lomba Pangkalan SWBB Berprestasi Nasional (Pasasinas) 2019. Lomba tersebut diselenggarakan di Novotel Yogyakarta pada tanggal 2 hingga 4 Desember lalu.

Dalam acara tersebut 10 besar nomine dan 1 pangkalan dari tuan rumah mempresentasikan keunggulan masing-masing. Paparan dari SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas NTB dilakukan oleh 3 orang perwakilan yang terdiri dari Pamong Saka Puteri Tri Sari Wijayanti, Instruktur Saka M. Irfan, S.Pd dan Dewan Saka M. Erwin. Di depan 9 juri dari unsur kwartir nasional dan pimpinan SWBB Nasional, masing-masing pangkalan yang menjadi nomine menyampaikan strategi peningkatan capaian TKK anggota SWBB di pangkalannya dan diseminasi SWBB ke kwartir cabang sekwartir daerah. Pada paparan perwakilan SWBB BP-PAUD dan Dikmas NTB, mereka menyampaikan sudah mampu mengembangkan lima (5) Krida dan ke depannya berencana mengembangkannya menjadi tujuh (7) krida yang akan dilakukan dengan video converence, dan e-training. Pada kesempatan tersebut, para peserta dapat belajar dan berbagi pengalaman dalam mengembangkan pangkalan SWBB di daerahnya.

Pada tahapan sebelum final lomba tersebut, SWBB BP-PAUD dan Dikmas NTB dan 10 besar lainnya juga telah mengikuti penilaian melalui visitasi yang dilakukan oleh tim juri. Penilaian pada lomba ini meliputi 7 aspek, yakni pengelolaan pangkalan, dana, proses kegiatan, prestasi, sarana dan prasarana, kemitraan dan SDM. Dari segi kemitraan SWBB BP-PAUD dan Dikmas NTB telah menjalin MOU dengan beberapa SMA/SMK di Kota Mataram, DUDI, PKBM, lembaga PAUD, LKP, dll. Sarana prasarana juga sangat mendukung serta SDM terpenuhi. Selain itu, dukungan dari Kepala Balai Drs. Suka, M.Pd sangat besar hingga aspek-aspek tersebut dapat membawa pangkalan hingga meraih prestasi.

Prestasi SWBB Pangkalan BP-PAUD dan Dikmas NTB ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi SWBB lain di NTB untuk membangun, mengembangkan dan menghidupkan SWBB di lingkungan UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di NTB.