Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat (BP PAUD dan Dikmas NTB) sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Hasil Ujicoba Operasional Model Kursus dan Pelatihan bertujuan agar model dihasilkan mendapat masukan dan penyempurnaan dari akademisi, praktisi, stakeholder dan masyarakat sehingga dapat menjadi model yang operasional dan aplikatif di masyarakat.

Kegiatan FGD Hasil Ujicoba Operasional Model Kursus dan Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2019 bertempat di Wisma Disiplin BP PAUD dan Dikmas NTB dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WITA, adapun judul pengembangan model kursus dan pelatihan yang akan di-FGDkan adalah sebagai berikut:

No. Judul Pengembangan Program/Model Pengembang
1 Penguatan Kelompok Usaha Pasca Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Melalui “Beriuk Bedenden”
  1. Dra. Hj. Dani Soraya
  2. Lalu Muhammad Fahrurozi, S.Kom.
2 Sinergisitas Penyelenggaraan Program Pelatihan Wirausaha Menuju Desa Wisata
  1. Mahayudin Syafari, M.Pd.
  2. Nur Diya’ul. S.Pd.

Kegiatan FGD Hasil Ujicoba Operasional Model Kursus dan Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB Drs. Suka, M.Pd. dalam sambutannya “Masukan-masukan dari pembahas FGD agar menjadi perhatian untuk tim pengembang guna untuk menyempurnakan model kursus dan pelatihan yang dikembangkan, FGD Hasil Ujicoba ini merupakan langkah terakhir pengembangan model menuju validasi tingkat nasional model kursus dan pelatihan yang akan dilaksanakan di Surabaya oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan”. Hadir pula validator model dari Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Purwanto, M.Si.

Kasubdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Purwanto, M.Si. sedang memberikan masukan-masukan model

Untuk model Penguatan Kelompok Usaha Pasca Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Melalui “Beriuk Bedenden” tim pengembang model telah melaksanakan ujicoba operasional di tiga tempat yaitu PKBM Ceria Kab. Lombok Barat, PKBM Tunas Mandiri Kab. Lombok Tengah, dan PKBM Putri Nyale Kab. Lombok Tengah, sedangkan model inergisitas Penyelenggaraan Program Pelatihan Wirausaha Menuju Desa Wisata ujicoba operasional dilaksanakan di Desa Perian Kab. Lombok Timur, Desa Tamekan Kab. Sumbawa Barat, dan Desa Mantar Kab. Sumbawa Barat.