BP PAUD dan Dikmas NTB – Bunda PAUD Kota Mataram Kota Mataram Hj. Suryani Abduh hadir membuka Gebyar PAUD dan Dikmas Kota Mataram Tahun 2019 di Wisma Disiplin BP PAUD dan Dikmas NTB pada Selasa (20/8). Dalam pembukaan kegiatan turut dihadiri oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB Drs. Suka, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Ibu Dharma Wanita Kota Mataram, dan diikuti oleh ratusan guru dan peserta didik PAUD se-Kota Mataram.

Dikatakan Bunda PAUD Kota Mataram Hj. Suryani Abduh dalam sambutan yang disampaikannya dihadapan seluruh pihak yang hadir, “ucapan terima kasih kepada BP PAUD dan Dikmas NTB atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram yang ke-26. Anak adalah anugerah Tuhan YME yang akan meneruskan garis keturunan dan cita-cita orangtua, orang tua harus mendidik dan menjaganya supaya bisa menjadi anak-anak yang mandiri, bertanggungjawab, cerdas, dan bertakwa kepada Tuhan YME, keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang pendidikannya, usia ini merupakan usia emas harus tepat mendapat pendidikan baik jasmani dan rohani untuk perkembangannya, anak akan belajar banyak hal yang diyakini akan membawa pengaruh besar di periode berikutnya bahkan sampai dewasa”, ucapnya.

Karena pentingnya masa emas tersebut lanjut Hj. Suryani, dirinya meminta semua pihak baik pemerintah, guru, orangtua, bahkan siapa saja yang berada di lingkungan keluarga untuk benar-benar memberi perhatian dan stimulasi secara penuh. Mengingat pendidikan anak usia dini merupakan wadah bermain dan belajar sehingga anak-anak dapat mengembangkan potensi dan kreativitas, orang tua tidak boleh memaksakan anak-anak harus disesuaikan dengan usia anak. Tema gebyar tahun ini bertemakan “Bangga Membangun Kota” diharapkan tidak hanya menampilkan kreativitas anak melalui lomba-lomba melainkan menumbuhkan semangat membangun bagi pendidik, peserta didik, orangtua, dan entitas pendidikan Kota Mataram untuk bersama-sama menjadi bagian kebanggan dalam membangun Kota Mataram. “kami berharap pada masing-masing Pembina/Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan untuk dapat berperan aktif serta memposisikan diri sebagai motivator untuk menghidupkan PAUD-PAUD yang mengalami kevakuman”. Pesannya.

Gebyar PAUD Kota Mataram Tahun 2019 dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 20, 21, dan 27 Agustus 2019 dilaksanakan di BP PAUD dan Dikmas NTB. Memperlombakan bermacam jenis lomba yaitu mewarnai orang tua dan anak, melukis gerabah, kolase guru, permainan tradisional, baca puisi tema HUT Kota Mataram, menyanyi solo, penyajian bekal makanan sehat untuk anak, dan fasion show ibu dan anak. Sementara dewan juri terdiri dari para seniman, budayawan, dan praktisi yang berkompeten di bidangnya.