Tim Catur Beregu Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat berhasil meraih juara pertama Kejuaraan Catur dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2019 di lingkungan Unit Utama Kementerian Pendidikan Nasional.

Dalam pertandingan yang berlangsung satu hari pada 29 April 2019 kemarin itu, Tim Catur Dirjen PAUD dan Dikmas meraih 10 Match Point (MP) dengan nilai  sonneborn-Berger (SB) mencapai 59,50. Tim Catur Ditjen PAUD dan Dikmas mengalahkan delapan unit utamanya lainnya, yakni Tim Sekretariat Jenderal yang berada di posisi kedua dengan 8 MP dan 49,50 SB, Tim Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang berada di urutan ketiga dengan 6 MP dan 27,50 SB, dan lainnya.

Selain meraih juara pertama dalam partai beregu, Tim Catur PAUD dan Dikmas juga menempatkan dua orang timnya sebagai pemain terbaik, yakni Nurgito dari Direktorat Kesetaraan dan Keaksaraan di posisi kedua terbaik dan Suka, Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Nusa Tenggara Barat di posisi ketiga. Sedangkan posisi pemain terbaik pertama diraih oleh Elton dari Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Dalam kejuaraan catur ini, masing-masing tim beranggotakan tujuh orang, yakni lima orang tim inti dan dua orang cadangan. Sistem pertandingan memakain sistim Swiss lima babak dengan pairing computer swiss manager. Sedangkan peraturan pertandingan ditetapkan berupa catur cepat dimana masing-masing pemain mempunyai waktu berpikir 20 menit sampai selesai.

Tahun 2018 lalu, Tim Catur Beregu Ditjen PAUD dan Dikmas hanya berhasil meraih posisi kedua.

Sumber : https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=249900365