BPPAUD Dikmas NTB – Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2019 dimeriahkan oleh berbagai kegiatan yang dilakukan oleh tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketiga UPT Pusat tersebut adalah LPMP NTB, BPPAUD dan Dikmas NTB, dan Kantor Bahasa NTB, bersinergi dalam menggelar acara selama hampir satu minggu penuh, yang dikoordinir oleh LPMP NTB.

Salah satu kegiatan untuk meramaikan peringatan Hardiknas tahun 2019 adalah dengan melaksanakan pemutaran film edukatif bagi siswa-siswi Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Mataram.

Pembagian door prize bagi siswa/siswi yang ikut menonton film edukatif.

Pemutaran film dipusatkan di LPMP NTB tepatnya di ruang media agar dapat menghasilkan kualitas pemutaran film yang baik, dikarenakan media yang dipakai berupa Infocus yang ditembakkan ke layar dan dilaksanakan pada pagi menjelang siang hari maka dibutuhkan ruangan yang tepat.

Pemutaran pertama pada tanggal 29 April 2019, pukul 10.00 wita, dihadiri oleh guru dan siswa-siswi dari SDN 13 Ampenan, berjumlah hampir 50 orang menyaksikan film berjudul “Sepatu Dahlan”.

Pemutaran film kedua pada keesokan harinya tanggal 30 April 2019, pukul 10.00 wita, dihadiri oleh lebih banyak siswa dan siswi dari SMPN 11 Mataram juga dari SDN 7 Mataram, pada sesi kedua ini film yang diputar adalah “Sayap Kecil Garuda”.

 Selama penayangan film terlihat antusiasme seluruh penonton mengikuti alur cerita “Sepatu Dahlan”, dan “Sayap Kecil Garuda” dikarenakan selain mengandung pesan moril dan edukasi yang positif, juga menyajikan adegan-adegan yang lucu dan haru.

Jadi selama hampir satu jam tiga puluh menit durasi tayang kedua film tersebut tidak tampak adanya siswa-siswi maupun guru yang beranjak keluar ruangan, sebagaimana yang dikatakan oleh para guru pendamping sesaat setelah selesainya film, mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di sekolah mereka.