Mataram – BP-PAUD dan Dikmas Nusa Tenggara Barat menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Graha Bhakti Pemasyarakatan, Jakarta, Senin (25/3/2019). Penghargaan ini diberikan kepada BP-PAUD dan Dikmas NTB atas kontribusi positif yang telah diberikan dalam bentuk komitmen dan kerjasama dalam pemenuhan hak anak khususnya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Mataram.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 55 Tahun 2019 ini disiarkan dan diikuti secara langsung oleh seluruh Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak dari seluruh Provinsi di Indonesia melalui sambungan teleconference.

LPKA Kelas II Mataram pada saat yang bersamaan juga turut menggelar kegiatan serupa yaitu pemberian penghargaan bagi mitra yang dianggap telah berkontribusi secara masif dalam upaya pemenuhan hak-hak anak. Acara diselenggarakan di ruang pertemuan LPKA Kelas II Mataram dan dihadiri oleh para undangan diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Dukcapil Kota Mataram dan lembaga-lembaga penerima penghargaan termasuk di dalamnya BP-PAUD dan Dikmas NTB.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala divisi pemasyarakatan kantor wilayah Nusa Tenggara Barat, yang diwakili oleh kepala bidang keamanan, Amam Syaiful Haq. Dalam sambutannya Amam menjelaskan bahwa penanganan terhadap anak yang terjerat kasus hukum harus dilakukan dengan tidak mengurangi hak-hak anak. Hak-hak dimaksud antara lain Hak hidup dan kesehatan, hak tumbuh kembang, hak pendidikan dan hak perlindungan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka memenuhi hak perlindungan bagi anak adalah salah satunya dengan memberikan hak identitas bagi anak.

“Tidak hanya sebagai identitas saja, Kartu Identitas Anak yang nanti didapat merupakan kartu identitas yang didalamnya telah melekat hak-hak anak yang telah diprogramkan oleh pemerintah,” kata Amam.

Sementara itu, Kepala LPKA Kelas II Mataram, Tri Wahyudi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mitra-mitra yang selama ini sangat berkontribusi dalam penanganan peserta didik. Tri berharap kerjasama yang telah di lakukan dapat terus berkesinambungan dan ditingkatkan.

Acara dilanjutkan dengan menyimak kegiatan yang dilaksanakan di tingkat pusat melalui hubungan teleconference. Kepala BP-PAUD dan Dikmas NTB, Drs, Suka, M.Pd turut menghadiri acara di tingkat pusat sebagai wakil penerima penghargaan bagi lembaga mitra yang dianggap memiliki perhatian yang tinggi dalam pemenuhan hak anak.