BP-PAUD dan Dikmas NTBBentuk nyata dari pelaksanaan tugas fungsi Balai yaitu sebagai penjamin mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat sekaligus juga komitmen Balai sebagaimana telah dirumuskan dalam visi misi secara kelembagaan yaitu salah satunya Berbudaya Mutu, maka BPPAUD dan Dikmas wajib untuk melaksanakan program kerja yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan, baik itu PAUD maupun Dikmas.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diakses masyarakat adalah peluang bagi BPPAUD dan Dikmas NTB untuk berinovasi dalam mengimplementasikan program  layanan pendidikan kepada masyarakat yang merata dan berkeadilan.

Suasana peserta kegiatan Orientasi Teknis Pengelola Pendidikan dan Pelatihan Dasar PTK PAUD melalui e-Training

Diklat Dasar PTK-PAUD melalui E-Training, yaitu Diklat yang berbasis pada Iptek, sangat tinggi jumlah peminatnya, sangat efisien dari berbagai aspek seperti biaya sangat murah, peserta tidak perlu meninggalkan tugas mengajar, waktu belajar cukup fleksibel, sistem evaluasi penilaian transparan, Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 merekomendasikan agar Diklat Dasar PTK-PAUD terus dilanjutkan.

Hal tersebut diatas mendasari dilaksanakannya tahapan awal sebelum Diklat yaitu kegiatan Orientasi Teknis bagi pengelola diklat dasar PTK-PAUD termasuk petugas dari TIM Fasilitator daerah (Tim FASDA) Kabupaten/Kota yang menjadi garda depan dalam pelaksanaan diklat.

Sehubungan dengan program penyelenggaraan Orientasi Teknis bagi pengelola kegiatan diklat, maka pada tanggal 11 sd 13 Maret 2019, BPPAUD dan Dikmas NTB mengundang 33 orang peserta dari unsur Tim Fasda Kabupaten/Kota se Propinsi NTB dan dari unsur Balai.

Ortek dilaksanakan di BPPAUD dan Dikmas NTB menggunakan metode Presentasi, praktek, diskusi dan tanya jawab, untuk mendapatkan hasil sebagai berikut :

  1. Tersedianya pedoman penyelenggaraan diklat dasar Pendidik PAUD melalui E Training Tahun 2019.
  2. Terlaksananya pemetaan formulasi/kouta peserta diklat masing-masing Kabupaten/Kota.
  3. Tersedianya tenaga pengelola diklat dasar Pendidik PAUD tahun 2019.

Tema yang diusung pada kegiatan ortek ini adalah “Pengelola Diklat Daring Profesional, meningkatkan kuantitas dan kualitas diklat dasar pendidik PAUD melalui e-training.(*)