BP-PAUD dan Dikmas NTB – Pendidikan multikeaksaraan merupakan pendidikan keaksaraan lanjutan yang menekankan peningkatan keberagaman keberaksaraan dalam berbagai aspek kehidupan. Melalui pendidikan multikeaksaraan dapat memberi pelayanan pendidikan kepada  masyarakat yang telah lulus keaksaraan dasar dengan peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berhitung  melalui tema yang berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan dengan prioritas sesuai dengan situasi kondisi.

Tampak salah satu warga belajar yang sedang mengerjakan soal ujian akhir pendidikan multikeaksaraan labsite Pendidikan keaksaraan

BP PAUD dan Dikmas NTB melaksanakan ujian akhir pendidikan multikeaksaraan labsite Pendidikan keaksaraan menggunakan model “Pendidikan multikeaksaraan dengan literasi ponsel” dan “Penumbuhan Minat Baca Peserta Didik Melalui Cerita Rakyat Suku Sasak”,  yang diikuti oleh 40 peserta didik, pelaksanaan ujian dilaksanaakan pada malam hari pukul 20.00 Wita bertempat di SD Negeri 2 Kekait, hari Jum’at (11/1).

Sejalan dengan konsep program pendidikan multikeaksaraan, maka layanan pendidikan keaksaraan memegang peranan yang penting dan strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Upaya meningkatkan daya saing masyarakat  ditengah arus persaingan global maka kemampuan keaksaraan akan menjadi penentu keberhasilan masyarakat merebut peluang untuk hidup lebih layak melalui tema profesi/pekerjaan agar mereka dapat berkembang baik dari segi kemampuan Calistung juga dari segi pekerjaan agar dapat hidup layak dimasyarakat seperti masyarakat pada umumnya.