BP-PAUD Dikmas NTB – Sebagai bentuk dari peningkatan mutu dalam hal layanan perkantoran adalah melalui pelaksanaan magang pada instansi terkait, agar diperoleh pengalaman yang berbeda dalam proses pelaksanaan tugas fungsi masing-masing individu.

Magang dapat diartikan sebagai kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman karir, terkait dengan berpartisipasi dalam rencana, pekerjaan diawasi, sehingga hal ini menjadikan proses magang memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Merasakan langsung bekerja pada suatu organisasi tertentu.
  2. Memperoleh pengalaman secara langsung.
  3. Mengetahui lingkungan bekerja pada organisasi tertentu.
  4. Mengetahui proses kerja dalam hal hasil produk, tenaga kerja, kedisiplinan dan keselamatan kerja.
  5. Membandingkan ilmu yang di dapat dengan pelaksanaan magang.
  6. Memperoleh pengetahuan dari tempat magang
  7. Mengaplikasikan kemampuan yang telah didapat

Tampak Petugas arsip BP-PAUD Dikmas NTB sedang sharing cara mengarsipkan yang sudah diterapkan di BPPAUD Dikmas NTB

Seperti halnya kunjungan Tim dari BPPAUD dan Dikmas Bali pada tanggal 18 s.d. 19 Desember 2018 untuk melaksanakan magang di BPPAUD dan Dikmas NTB terkait pengelolaan pengadministrasian lembaga (penataan arsip dan Unit Layanan Terpadu).

BPPAUD dan Dikmas NTB yang lahir terlebih dahulu dibandingkan dengan BPPAUD dan Dikmas Bali yaitu pada tahun 2008, dirasakan oleh tim dari Bali dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran lebih mengenai pengelolaan administrasi khususnya pengarsipan, sehingga pada akhirnya tim dari Bali dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh, juga menambah wawasan secara signifikan, sekaligus menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian dibidang praktek.

Tim yang datang melaksanakan magang dari BPPAUD dan Dikmas Bali sebanyak 4 orang yaitu Made Sulastri, Desak Ketut Purnaniat, Irma Dian Sari, dan Ni Made Asti Suprabhawati, keseluruhan dari unsur Subbag Umum.

Diterima di ruang kerja kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, tim magang menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya serta mohon arahan untuk proses magang tersebut, Eko Sumardi yang didampingi oleh Khairuddin, Eliana, Mukti dan Yandri, mempersilahkan tim untuk menggali lebih banyak  hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan administrasi yang ada di Balai NTB.

BPPAUD Dikmas Bali juga mengunjungi Unit Layanan Terpadu (ULT) BPPAUD Dikmas NTB

Selanjutnya Eko Sumardi menjelaskan kepada tim magang berbagai fasilitas yang ada, mulai dari gedung, sumber daya manusia, hingga program kerja yang berbasis teknologi informasi yang akan memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai hal terkait pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat.

Setelah mendapatkan pengarahan dari Kepala BPPAUD dan Dikmas NTB, dilanjutkan dengan saling bertukar cindera mata yang merupakan simbol saling menghargai antara dua lembaga pemerintah.

Mengawali proses mendalami serta melihat langsung proses pengadministrasian persuratan, tim mengunjungi ruang Unit Layanan Terpadu (ULT), diruang tersebut tim telah ditunggu oleh Mukti dan Khairuddin yang merupakan petugas layanan di ULT. Disana tim magang berdiskusi serta mendapatkan penjelasan secara menyeluruh mengenai berbagai hal yang menjadi tugas fungsi utama dari keberadaan ULT.

Selesai di ruang ULT, tim magang menuju ruang Subbag Umum untuk mengetahui lebih jelas tentang pengelolaan arsip dan E-Office, sekaligus melihat tempat penyimpanan berkas dan dokumen di Balai NTB yang telah menggunakan lemari khusus arsip.

Sebelum berpamitan untuk kembali ke tempat penginapan, tim menyempatkan diri untuk melihat gedung Wisma Disiplin dan PAUD Semai Harapan yang berada di dalam area kantor BPPAUD dan Dikmas NTB.