BP-PAUD dan Dikmas NTB – Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat memiliki fungsi menyelenggarakan pengembangan program PAUD dan Dikmas serta fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan program PAUD dan Dikmas. Salah satu pelaksanaan program PAUD dan Dikmas diselenggarakan melalui labsite pendidikan keaksaraan.

Peserta didik mengikuti proses KBM di Desa Jelantik Lombok Tengah yang dilaksanakan SKB Lombok Tengah

Pada tahun 2018 ini, labsite pendidikan keaksaraan diselenggarakan bekerjasama dengan SKB Lombok Tengah dan PKBM Al Jafar. SKB Lombok Tengah menerapkan model Penumbuhan Minat Baca Peserta Didik Pendidikan Multikeaksaraan Melalui Cerita Rakyat Suku Sasak yang dikembangkan oleh pamong belajar tahun ini. Sedangkan di PKBM Al Jafar menerapkan model Pendidikan Multikeaksaraan Dengan Literasi TIK (Menggunakan Ponsel) yang telah dikembangkan di tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan labsite pendidikan keaksaraan di SKB Lombok Tengah bertempat di Dusun Aik Ampat Desa Jelantik Lombok Tengah yang terdiri dari 2 rombongan belajar dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang peserta didik dan 1 orang tutor.

Sedangkan labsite di PKBM Al Jafar bertempat di Desa Kekait Kabupaten Lombok Barat yang terdiri dari 4 rombongan belajar.

Proses pembelajaran dimulai tanggal 29 Oktober 2018 dan akan berakhir tanggal 19 Desember 2018. Jumlah jam pembelajaran 86 JP dengan 1 jam pelajaran selama 60 menit. Setelah selesai proses pembelajaran nantinya akan dilakukan evaluasi pembelajaran kepada seluruh peserta didik di masing-masing rombongan belajar.