BP-PAUD dan Dikmas NTB – Program kerja BPPAUD dan Dikmas NTB dalam rangka ikut membantu penyembuhan trauma yang dirasakan oleh masyarakat di pulau lombok atau yang dikenal dengan istilah trauma healing menjadi salah satu fokus utama yang selalu ditekankan untuk secara berkesinambungan dilaksanakan.

Pemberian doorprize kepada salah satu pengungsi korban gempa lombok

Beberapa bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang sampai saat ini tetap berjalan adalah berupa kegiatan pelatihan dan kegiatan pemutaran film edukasi di lokasi pengungsian.

Seperti yang dilakukan pada hari Sabtu (27/10), Tim Bioskop Keliling (Bioling) BPPAUD dan Dikmas NTB berkesempatan hadir ditengah- tengah masyarakat di Dusun Kerandangan Kabupaten Lombok Barat.

Dari hasil perbincangan Tim Bioling dengan warga yang berada dilokasi tersebut, mereka sangat bersukur dan merasa terhibur dengan adanya nonton bareng ini.

Anak-anak korban gempa memperlihatkan keceriaan dengan menari tarian india

“Walaupun rumah kami hancur, hidup kami masih belum menentu nasibnya, tapi paling tidak malam ini kami bisa melupakan sebentar kondisi itu karena merasa terhibur dengan adanya  acara ini”, ungkap salah satu pengungsi yang rumahnya juga ikut hancur dihantam oleh gempa.

Anak-anak di pengungsian bahkan tak mau jika hanya menonton saja, mereka berinisiatif menampilkan tarian ala india untuk menambah riangnya suasana, serta pembagian hadiah bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh remaja relawan yang berada disana, dalam suasana yang penuh dengan keprihatinan tampak wajah-wajah yang tertawa gembira dari para pengungsi.

Kita berharap agar kondisi di Pulau Lombok dapat segera pulih seperti sediakala sehingga masyarakat dapat beraktifitas kembali dengan normal dan dapat menatap masa depan lebih baik.(*)