BP-PAUD dan Dikmas NTB – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Nusa Tenggara Barat (BP PAUD dan Dikmas NTB) melaksanakan ujicoba model operasional pengembangan program Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Melalui Community Parenting, Senin (22/10). Pengembang model (Syamsul Mujahidin. M.Hum dan Ernie Isis Aisyah Amini M.Pd) melakukan ujicoba operasional di tiga tempat yaitu PKBM Putri Nyale Kab. Lombok Tengah, PKBM Al Husna Kab. Lombok Barat, dan PKBM Mumtaz Kab. Lombok Timur.

Dalam rangka memastikan kesiapan lembaga sebagai tempat penyelenggaraan ujicoba operasional model pencegahan TPPO melalui community parenting. Maka tim pengembang model telah menjadwalkan kegiatan orientasi model pada tiga PKBM tersebut. Orientasi Model Pencegahan TPPO di PKBM Putri Nyale Lombok Tengah yang diselenggarakan tanggal 22 s.d 23 Oktober 2018. Tujuan orientasi ini yaitu membekali pengelola dan peserta yang calon community parenting, agar mengetahui dan memahami langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan model pencegahan perdagangan orang. Mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta tindaklanjut.

Adapun tindaklanjut dari hasil orientasi ini yaitu penyelenggaraan ujicoba operasional model pencegahan TPPO Melalui community Parenting akan dijadwalkan mulai tanggal 28 Oktober s.d 4 November 2018.